RSS
Facebook
Twitter

Saturday, May 4, 2013

Makalah Karya Seni Rupa Gypsum


KATA PENGANTAR
Assalamualaikum wr.wb.
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat ilahi rabi allah swt, atas berkat dan rahmat-Nya saya dapat menyusun makalah mengenai Seni Budaya yang berjudul “Karya Seni Rupa Gypsum”, makalah ini disusun guna memenuhi tugas dari pengajar Seni Budaya.
Saya haturkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu dalam pembuatan dan penyusunan makalah ini, karena saya tidak dapat menyelesaikan makalah ini jika tanpa bantuan setiap pihak, bantuan berupa materil ataupun segala hal yang dapat membantu dalam penyelesaian makalah ini.
Makalah ini masih jauh dari sempurna, karena saya manusia yang tidak bisa lepas dari kesalahan, saya hanya dapat berusaha untuk mencoba sedikit lebih baik, karena itu saya akan sangat bisa untuk menampung setiap kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat yang berarti bagi pembaca dan setiap kalangan masyarakat sehingga tahu mengenai karya seni rupa yang terbuat dari gypsum.
Sumedang,    September 2011

Penyusun

DAFTAR ISI
Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………… i
Daftar Isi ……………………………………………………………………………………………………. ii
Bab 1  
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang ………………………..………………………..………………  1
1.2 Rumusan Masalah …………………………………………………………….. 1
1.3 Maksud dan Tujuan …………………………………………………………..  2
1.4 Metode Penulisan ……………………………………………………………… 2
Bab 2  
Kajian
2.1 Nama Jenis Karya Seni Rupa……………….………………..……………  3
2.2 Sejarah Perkembangan …………………….…………………….………... 3
2.3 Fungsi Karya Seni Rupa …………….………………………………………. 3-4
2.4 Proses Pembuatan……………………………………….………………………5-9
2.5 Bahan Dan Alat Yang Di Gunakan…………………………………………10
2.6Hasil Jadi Karya SEni Rupa……………………………………………………..11
Bab 4 
    Penutup 
4.1 Kesimpulan ……………………………………………………………...........  12
4.2 Penutup ...............................................................................  12
Lampiran……….………………………………………………………………………..……………….  13-15





BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Berhubungan dengan diberikannya tugas oleh pengajar Seni Budaya, kami menyusun sebuh makalah dengan judul “Karya Seni Rupa Gypsum”.
Dengan semakin mahalnya harga kayu akhir-akhir ini, semakin menaikkan pamor gypsum karena bisa dianggap sebagai pengganti untuk bagian-bagian tertentu dari rumah ataupun kantor. Gypsum biasa digunakan mulai dari rumah sederhana sampai rumah mewah. Selain itu, bahan gypsum bisa membuat plafon rumah menjadi lebih indah. Harganya pun relatif bersaing bila dibandingkan dengan jenis bahan lain dengan fungsi yang sama. Kelebihan dari gypsum juga lebih fleksibel untuk dibentuk sesuai dengan keinginan perancang, selain memiliki daya tahan dan tingkat stabilitas tinggi. Penggunaan interior gypsum sangat cocok untuk memperindah tampilan awal dari interior bangunan. Tak heran kalau gypsum semakin diminati.

1.2. RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana sejarah perkembangan karya seni rupa yang terbuat dari gypsum ?
2.      Apa fungsi karya seni rupa gypsum ?
3.      Bagaimana proses pembuatan karya seni rupa gypsum ?
4.      Apa bahan dan alat yang digunakan dalam membuat karya seni rupa gypsum?
5.      Apa hasil jadi dari karya seni rupa gypsum?


1.3. MAKSUD DAN TUJUAN
1.      Memenuhi tugas dari pengajar Seni Budaya
2.      Menambah pengetahuan mengenai Karya seni rupa gypsum.


1.4. METODE PENELITIAN
Saya mengumpulkan referensi dengan topik karya seni rupa gypsum dari hasil wawancara kami dengan pekeja pembuat karya seni rupa gypsum, kami langsung datang ke tempat pembuatannya,dan kemudian kami kumpulkan data dari pekerja tersebut, setelah itu saya sajikan makalah dengan judul Karya Seni Rupa Gypsum ini dengan kreativitas dan kemampuan saya serta dengan bimbingan dari pengajar dan bantuan dari teman.





BAB II
PEMBAHASAN

2.1. NAMA JENIS KARYA SENI RUPA
Kami mendapatkan tugas dari guru seni budaya untuk meneliti karya seni rupa yang ada di daerah Sumedang.Dan kami mendapat bagian untuk meneliti KARYA SENI RUPA TERAPAN GYPSUM.

2.2. SEJARAH PERKEMBANGAN
Karya seni rupa gypsum ini dimulai pada tahun 1995 oleh bapak Sahdi Priangan dengan nama EGA JAYA GYPSUM yang beralamat di depan SPBU alam sari,Kelurahan Kota Kaler Kecamatan Sumedang utara Kabupaten Sumedang.Dan sampai saat ini tempat ini masih ada dan mempunyai dua pekerja yang memproduksi berbagai macam karya seni rupa gypsum.



2.3. FUNGSI KARYA SENI RUPA
Karya seni rupa gypsum ini gypsum bisa digunakan sebagai pengganti untuk bagian-bagian tertentu dari rumah ataupun kantor. Gypsum biasa digunakan mulai dari rumah sederhana sampai rumah mewah. Selain itu, bahan gypsum bisa membuat plafon rumah menjadi lebih indah. Harganya pun relatif bersaing bila dibandingkan dengan jenis bahan lain dengan fungsi yang sama. Kelebihan dari gypsum juga lebih fleksibel untuk dibentuk sesuai dengan keinginan perancang, selain memiliki daya tahan dan tingkat stabilitas tinggi. Penggunaan interior gypsum sangat cocok untuk memperindah tampilan awal dari interior bangunan seperti tembok kering, bahan plester tembok, perekat di lapangan tenis tanah liat, kapur papan tulis, langit-langit rumah, ornamen pada dinding, dan bingkai foto.

Alasan lain orang memilih gypsum, karena jika terkena bercak, maka cukup bagian yang terkena saja yang perlu dipotong dan dapat di tambal kembali. Tidak seperti bahan dasar yang terbuat dari triplek, di mana mempunyai kelemahan pada saat terjadi kebocoran maka akan timbul flek cokelat pada langit-langit tersebut, kadang juga menggelembung dan pada saat penggantian maka akan harus mengganti triplek tersebut selembar, tidak bisa hanya pada bagian yang terkena flek saja.
Di sisi lain papan gypsum dapat dipasang pada rangka kayu, metal atau konstruksi batu bata. Penggunaan produk tersebut aman, tidak merusak lingkungan dan tidak berbahaya, ekonomis, sesuai untuk berbagi ukuran penyelesaian, ringan, mudah pemasangannya dengan hasil akhir yang rata, tahan api, kedap suara dan ketersediaan berbagai pilihan sistem. Sebagai bahan mendekorasi plafon, gypsum diklaim unggul dari bahan lainnya. Selain dari tampilan jelas lebih indah dan bersih, pada plafon gypsum tidak akan terlihat garis antar sekat walau di bidang yang luas.




2.4. PROSES PEMBUATAN
A.      Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk 
       membuat karya seni gypsum ini .
B.      Ambilah casting plaster sebanyak setengah ember.
C.      Campurkan air secukupnya dan aduk hingga mengental.
D.     Olesi cetakan dengan minyak goreng. 
E.      Letakan adonan casting plaster pada cetakan dengan tebal sekitar 1 cm.
F.       Taburi dengan benang rumping secukupnya.Tujuannya supaya hasilya menjadi kuat dan tidak mudah patah.
G.     Kemudian beri adonan lagi sampai menutupi benang rumping.Dan ujung cetakan di pasang benang rapia untuk 
      tempat menggantung.
H.     Ratakan atas dan pinggir adonan pada cetakan dengan menggunakan karet sandal dan kape.
I.        Tunggu adonan sampai kering yaitu sekitar 15 menit.
J.        Setelah kering lepaskan adonan dari cetakan dengan cara:
·         Balikan cetakan
·         Tarik cetakan secara perlahan – lahan.
K.      Setelah adonan terlepas,gantungkan adonan sampai benar-benar kering.Dan karya seni rupa gypsum siap di pasarkan.

2.5. BAHAN DAN ALAT YANG DI GUNAKAN

1.      Bahan
a.      Casting plaster
b.      Benang rumping
c.       Air secukupnya
d.      Minyak goreng
e.      Tali rapia secukupnya
2.      Alat
a.      Cetakan dari fiber
b.      Ember
c.       Karet sandal
d.      Kafe
e.      koas






2.5. HASIL JADI KARYA SENI RUPA
Hasil dari karya seni rupa gypsum yaitu:
a)      Dudukan lampu (center pis)

b)      Lis C7 dengan berbagai model

1.      Lis piano
2.      Lis garis
3.      Lis mawar
4.      Lis liontin
5.      Lis tambang
6.      Lis silang


c)      Plafon.
d)      Dinding/partisi


  



BAB 5
PENUTUP
5.1. KESIMPULAN
Gypsum biasa digunakan mulai dari rumah sederhana sampai rumah mewah. Selain itu, bahan gypsum bisa membuat plafon rumah menjadi lebih indah. Harganya pun relatif bersaing bila dibandingkan dengan jenis bahan lain dengan fungsi yang sama. Kelebihan dari gypsum juga lebih fleksibel untuk dibentuk sesuai dengan keinginan perancang, selain memiliki daya tahan dan tingkat stabilitas tinggi. Penggunaan interior gypsum sangat cocok untuk memperindah tampilan awal dari interior bangunan. Tak heran kalau gypsum semakin diminati.
Dan dalam hal pembuatannya karya seni gypsum sangat mudah dan cepat,selain itu bahan dan alatnya mudah.Hasilnya pun tak kalah dengan karya seni rupa dari bahan dasar kayu.Gypsum pun mudah diolah sehingga bias menjadi berbagai bentuk dan corak yang beragam.

5.2 SARAN
Makalah ini saya cukupkan sampai disini, karena keterbatasan pengetahuan saya mengenai karya seni rupa gypsum dan keterbatasan saya dalam hal pencarian data. Walaupun makalah ini masih jauh dari sempurna, tapi semoga makalah yang saya susun ini dapat bermanfaat bagi saya khususnya sertaq bagi semua pembacanya. Setiap kritik maupun saran yang dapat membangun, serta memperbaiki makalah yang saya susun ini akan saya terima seluas-luasnya, terima kasih atas perhatian anda untuk membaca makalah yang saya susun ini. Wabillahi taufik wal hidayah wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.



0 comments:

Post a Comment

  • Mini Rage Face Whatever Dude Smiley