RSS
Facebook
Twitter

Friday, May 3, 2013

Pengalaman test magang ke jepang PT. JIAEC



Sekilas tentang PT. JIAEC

PT. Japan Indonesian Economic Center (PT. JIAEC), merupakan organisasi pengirim yang bekerjasama  dengan Japan Indonesia Association for Economy Cooperation (JIAEC), organisasi penerima di Jepang, yang salah satu bidang usahanya adalah dalam pengembangan sumber daya manusia dengan menjalankan program-program pemagangan khusus ke Jepang. Japan Indonesia Association for Economy Coorporation (JIAEC) adalah suatu organisasi berkedudukan di Jepang, yang mendapat ijin pemerintah Jepang untuk menerima dan mengkoordinir kegiatan pemaganggan ke Jepang khususnya bagi trainee dari Indonesia.




Rangkaian test

Hal yang paling utama yaitu persiapan. Siapkan fisik Anda, usahakan sarapan dahulu pagi-pagi sebelum test dikarenakan test akan berlangsung cukup lama, sayapun beres test jam 18.30. Tesnya itu yaitu :


1. Tes berat badan dan tinggi badan.
tesnya diukur tinggi badan dan berat badan, standarnya 163 cm dan 50 kg. Nah, bagi yang merasa dibawah standar lebih baik memperbaiki dulu tinggi dan berat badannya.  Di sinilah tes yang membuat banyak siswa gugur hampir setengahnya. Bagi yang lulus jangan dulu keluar ruangan karena test ini berlanjut.


2. Tes psikotes.
Tes psikotes terdiri dari 7 bab, meliputi angka-angka, kata-kata, dan gambar. Pada bagian ini tak usah menghapal hanya membutuhkan konsentrasi tinggi. hati-hati bagi yang terbiasa nyontek jika ketahuan pengawas bakal langsung didisqualifikasi. Soal tes langsung dibawa dari perusahaan jadi bakal berbeda dengan psikotes perusahaan atau tempat lain hanya jenisnya mungkin sama. Hasilnya langsung diperiksa terus bagi yang lulus langsung ke tahap selanjutnya,
3. Tes kesehatan mata, buta warna dan fisik.
Dites ini kesehatan mata diperiksa yaitu dengan melihat lingkaran tetapi ada bagian yang putus, nah bagian yang putus itu kita samakan dengan posisi tangan kanan. Ukuran lingkarannya berbeda-beda sesuai dengan tingkat ketelitiannya. Nah untuk tes buta warna sama dengan tes buta warna di puskesmas atau rumah sakit. Tes pisik hanya di tanya pernah operasi dan tatto dan pemeriksaan jari tangan dan kaki takut ada yang tidak lengkap.

4. Kecepatan tangan dan perkalian
Kita dites untuk memasukan 48 sumpit kedalam papan berlubang. Setiap sumpit 1 lubang. jadi kita mencari cara tercepat untuk memasukan semua sumpit kurang dari waktu 35 detik. apabila waktu melebihi ada 3 kali kesempatan untuk memasukan kembali dengan waktu kurang dari 35 detik. Tesnya 4 orang berhadap-hadapan 2 orang. Setelah ke 4 nya lulus langsung dites perkalian dan pembagian tapi secara lisan, paling cepat menjawab paling bagus. Cara menjawab ketika ditunjuk oleh penguji langsung menjawab jangan bengong. Biasanya pertanyaannya bolak-balik jadi konsentrasilah.

5. Interview.
Sebelum ketahap ini kita disuruh mengisi buku yang isinya biodata, data keluarga, pertanyaan seputar magang jepang. Tak usah deg-degan pas nunggu dipanggil. santai aja dan rileks. Pertanyaannya gk jauh dari apa yang ada didalam buku yang tadi udah diisi. gk lama paling 5 menit. Setelah beres, langsung disuruh push up minimal 20x main banyak makin bagus.

6. Penyerahan berkas
Penyerahan berkas biasanya hari berikutya setelah tes 1 sampai 5 beres.Berkas yang harus dipersiapkan yaitu :
  • fotocopy KTP
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Pas Foto ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar
  • Fotocopy Sertifikat prakerin
Apabila ada yang belum ada bisa menyusul ketika Diklat bahasa.

Setelah semuanya beres, kita disuruh menunggu panggilan seterusnya yaitu panggilan medichal cek updan pelatihan bahasa di Jogja dan Jakarta.


Ingat ketika test jangan ke mana-mana kecuali ke kamar kecil atau sedang waktu istirahat.

77 comments:

  1. tes gambar itu maksudnya tes wartegg atau tes gambar orang mas...???tlg bls

    ReplyDelete
    Replies
    1. tes kepribadian tapi dilihat dari gambar, biasanya sih gitu

      Delete
    2. KISAH SUKSES SAYA JADI TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS. AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku deputi Bidan penempatan BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
      kisah cerita saya awal jadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
      kisah cerita saya awal jadi TKI

      Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
      KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.
      Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
      Pada pertengahan tahun 2016 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
      Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya'pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang.
      Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam'nya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
      Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
      MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.
      Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk deputy Bidan pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

      Delete
  2. tes psikotes gambar biasa, gak ada gambar warteg atau orang,,cuma gambar 3 dimensi yang di putar2 itu loh mas

    ReplyDelete
  3. thanks mas hari rabu saya tes doain lulus yah xixi

    ReplyDelete
  4. mau tanya nih, selama di kirim di jepang biaya hidup di tanggung sendiri ?

    ReplyDelete
  5. Mas, , ktanya di sruh lri 3 km dlam wktu 15 mnit , apa bner?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tau,,,mungkin itu ada pas di diklat bahasa
      saya cuma sampe ke tes medichal nya
      maaf mas

      Delete
  6. boz,,saya kemaren dah medical ceck up di yogyakarta panggilan lagi biasanya nunggu berapa hari y

    ReplyDelete
  7. nanti juga ada pemberitahuan lulus atau engga nya,,kurang tau masalah waktu menunggu ,,kemungkinan 2 mingguan biasanya

    ReplyDelete
  8. maz ara? ara saya berkeinginan untuk mndaftarkankan diri tapi berat badan saya ga naik" cman 45 kg :'( gimana itu. . . apa ada kesempatan? apa langsung di tolak. . . .

    terima kasih. . .

    http://hamdan-meyo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. mas kan tiap 1 bulan 1x ngadain tes kalo gagal boleh ikut bulan dpn gk scra trus mnerus?

    ReplyDelete
  10. Mas tes angka yang dimaksut itu tes angka yg seperti apa?

    ReplyDelete
  11. Mas klo yg pernah dioperasi ga bisa ikut ya,udah lama sih operasinya udah 2 taun yg lalu,,,???

    ReplyDelete
  12. test perkalian dan pembagiannya satu bilangan (6x7) atau lebih dari satu (23x4542) ?

    ReplyDelete
  13. saya dulu pernah di oprasi mata sebelah, bakal jadi masalah gak ya ?

    ReplyDelete
  14. Mas kalo medical cek..apa aja yg di periksa ya..

    ReplyDelete
  15. Mas kemaren pas saya tes fidik 162 alhdulilah lulus sekarang tingal nunggu hasil mcu kira kira lulus gak ya dengan 162

    ReplyDelete
  16. Mas, saya mau tanya tes pertama kan tes tuliskan nah, soal2nya itu tentang apa aja?

    ReplyDelete
  17. Kisah Sukses TKI – Ke Jepang
    Perkenalkan Nama Saya Kurniawan Asal Temanggung Jateng.
    Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi saya.
    KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM
    Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi orang tua saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota Temanggung Provinsi Jawa Tengah, dimana struktur tanah tempat kelahiran saya adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
    Pada pertengahan tahun 2011 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya Kranggan No. 36 Temanggung Jawa Tengah. Dia memperkenalkan saya dengan salah pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah Deputi Penempatan BNP2TKI, Agusdin Subiantoro. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
    Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 5 sore, singkat cerita sayapun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke akun email beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 6.000.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya bisa menginjakkan kaki dinegeri sakura japang.
    Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung didalamnya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah saya bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
    Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan kami, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman saya, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
    MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG
    Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, kami dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan kami diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Deputi Penempatan BNP2TKI, Agusdin Subiantor-Pusat. Ini No Contak HP Beliau: 0857-5619-0217 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.
    TERIMA KASIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas saya mau nanya alamat anda Temanggung nya mana? Soalnya saya mau wawancara dengan anda

      Delete
    2. Hati2 Penipuan Ini Terlaknat Kau, Semoga Mati Busuk Perutnya

      Delete
  18. Mas saya mau tanya, itu pas tes perkalian kalo misalnya ngk bisa jawab semua apakah langsung gugur?

    ReplyDelete
  19. gan saya mau nanya, , apa jurusan elektronika/ electronics bisa ikutan untuk program permagangan di jepang, lewat pt. jiaec, di sekolah saya ada program bkknya..... ,,,, mohon sekali buat jawabanya,, plis

    ReplyDelete
  20. mas maaf mau tanya, tes yang dekat-dekat ini di jakarta kapan ya mas ?

    ReplyDelete
  21. Numpang tanya Lpk mna ms yg sdh pnya so ( sending organisation ) hdi saya gx ush susah" wt masuk ke lpk lain .thanks

    ReplyDelete
  22. Numpang tanya Lpk mna ms yg sdh pnya so ( sending organisation ) hdi saya gx ush susah" wt masuk ke lpk lain .thanks

    ReplyDelete
  23. Tangkyu bgt om atas kebaikannya, bsk ane tes jiaec di sklh

    ReplyDelete
  24. mas numpang tanya..
    tes iq nya gmana?

    ReplyDelete
  25. tes memasukan sumpit itu kayak gimana ya gan????

    ReplyDelete
  26. Mas ara, saya sudah ada panggilan medical check up
    Saya butuh informasi, apasaja sih yg di check nya ? Jadi saya bisa tau apa aja yg harus di jaga

    ReplyDelete
  27. Mas ara, saya sudah ada panggilan medical check up
    Saya butuh informasi, apasaja sih yg di check nya ? Jadi saya bisa tau apa aja yg harus di jaga

    ReplyDelete
  28. Mohon maaf mas kira2 jika izajah paket c bisa daftar ke JIAEC GAK.??

    ReplyDelete
  29. Mohon maaf mas kira2 jika izajah paket c bisa daftar ke JIAEC GAK.??

    ReplyDelete
  30. Mas jika izajah paket c bisa daftar ke JIAEC GAK.??

    ReplyDelete
  31. Pembukaan magangnya tiap hari atau tidak . Mohon infonya

    ReplyDelete
  32. Mas test tulis itu seperti gimana?
    Tolong infonya, soalnya besok saya test tulis

    ReplyDelete
  33. Mas test tulis itu seperti gimana?
    Tolong infonya, soalnya besok saya test tulis

    ReplyDelete
  34. Mas test tulis itu seperti gimana?
    Tolong infonya, soalnya besok saya test tulis

    ReplyDelete
  35. Pak kalo gigi ompong 1 bagian depan boleh mengikutin tes nggak. Tolong infonya

    ReplyDelete
  36. pak lw pengalamannya di toyota bagian logistic msh bisa ikutan tesnya gk ?

    ReplyDelete
  37. saya murid smk n 1 wanareja,dan saya sudah lolos tes interview pt.jiaec tinggal nunggu panggilan untuk medical check up,,,doain lulus ya mas:)

    ReplyDelete
  38. Replies
    1. Maap mas ane 166Cm 47kg kalo di minori lulus gak ya? Mksh

      Delete
    2. Maap mas ane 166Cm 47kg kalo di minori lulus gak ya? Mksh

      Delete
  39. Mas kalo yang buta warna parsial bisa lulus gak?

    ReplyDelete
  40. Mas saya mau nanya nih apa Ada tes fisik nya juga? Besok disekolah saya mau Ada tes yg mau kerja di PT JIAEC - JEPANG

    ReplyDelete
  41. Besuk senin InsyaAllah mau tes PT JIAEC. Mohon do'a dan dukungannya lur.

    ReplyDelete
  42. Maf mau tanya untuk mengikuti tes maksimal umur berapa

    ReplyDelete
  43. gimana itu mas caranya bisa ikut belajar dunia internet marketing

    ReplyDelete
  44. bekas luka bakar lama yang sudah jadi coklat di lengan tangan saya apakah mempengaruhi tes kak?
    apakah saya bisa lolos?.
    thx infonya kak

    ReplyDelete
  45. Mas gigi saya berlubang, itupun cuma 2 apakah lulus saat mcu?

    ReplyDelete
  46. Mas maaf kalau tes ke jepangnya gagal nanti bisa ikut tes lagi gak

    ReplyDelete
  47. Mas mau tanya itu tinggi badan 163 atau 165 yaa??? Mohon informasinya...terimakasih

    ReplyDelete
  48. Tes persiapan sebelum MCU apa saja kak. alhamdulilah kemarin saya lolos tes tahap 1

    ReplyDelete
  49. mas mau nanya, utk pemagangan ke jepang tahun ini kpn lg tesny dibuka?

    ReplyDelete
  50. Semangat ya semua nya yg ingin ke Jepang ditunggu di Jepang saya di ibaraki...


    Tips tes medikal jam 9mlm-selesai tes tolong jgn maem/mkn ,banyakin minum air putih , sedangkan cowok yg perokok jam 9mlm kalau bisa minum air kelapa atau kecap buat nutupin wktu ronsen jantung biar ngga begtu prah hasil nya ...

    ReplyDelete
  51. Mas Ara, LPK yang sdah SO apa aja?

    ReplyDelete
  52. Saya tinggal medical kok lama yah

    ReplyDelete
  53. Seumpama udah pernah patah tulang terus masih bisa ikut apa tidak kak

    ReplyDelete
  54. Kalau udah pernah patah tulang masih bisa lolos apa enggak mas

    ReplyDelete
  55. Kalau udah pernah patah tulang masih bisa lolos apa enggak mas

    ReplyDelete

  • Mini Rage Face Whatever Dude Smiley